Pages

Sabtu, 11 Agustus 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Pertemuan III


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       :    SMA NEGERI I MAKASSAR
Mata Pelajaran            :    Sejarah
Kelas/ Semester          :    X / 2
Pertemuan                   :    3 (tiga)
Alokasi Waktu            :    2 X 45 menit
                        
Standar kompetensi      :  2.  Menganalisis peradaban indonesia dan dunia
Kompetensi dasar                 :  2.1 Menganalisa kehidupan awal masyarakat indonesia
Indikator                        :  - Menyusun periodisasi perkembangan budaya masyarakat zaman batu
                                                                                                  - Menyusun periodisasi perkembangan budaya masyarakat zaman logam.

A.            TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu untuk:
·                menyusun periodisasi perkembangan budaya masyarakat zaman batu
·                menyusun periodisasi perkembangan budaya masyarakat zaman logam

B.            MATERI PEMBELAJARAN
              Periodisasi perkembangan budaya masyarakat awal Indonesia
1.    Zaman batu
               Zaman ini disebut zaman batu karena pada zaman ini alat perkakas manusia masih terbuat dari batu
·           Zaman batu tua (paleolitikim)
                 Zaman batu tua ini di perkirakan berlangsung selama masa kala plestosen kira- kira 600.000 tahun yang lalu, perkembangan kebudayaan pada masa ini diperkirakan sangat lambat karena pada masa ini berlangsung zaman es (glosial). Hasil kebudayaan zaman batu tua dibagi menjadi dua yaitu kebudayaan pacitan dan kebudayaan ngandong.
·           Zaman batu menengah (mesolitikum)
       Zaman batu tengah atau madya (mesolitikum) berlangsung pada masa kala holosen, pada zaman ini alat- alat batu dari zaman batu tua masih terus digunakan dan telah mendapat pengaruh dari wilayah asia daratan. Manusia pada masa ini juga telah mampu membuat gerobah yang di buat dari tanah liat yang dibakar. Salah satu ciri khas kebudayaan batu tengah ialah adanya sampah- sampah dapur dari kulit kerang (kjokkenmoddinger), yang merupakan bekas- bekas tempat tinggal mereka. Sampah dapur tersebut banyak ditemukan disepanjang pesisir pantai timur sumatera.
·           Zaman batu muda ( neolitikum)
perkembangan kebudayaan pada zaman batu muda sudah sangat maju jika di bandungkan dengan masa sebelumnya. Hal ini disebabkan adanya migrasi secara bergelombang bangsa prato melayu dari wilayah yunan dicina selatan ke wilayah asia tenggara. Termasuk ke indonesia yang menjadi penciri dari zaman neolitikum yaitu para pendukung membawa kebudayaan kapak persegi dan kapak lanjong.
·           Zaman batu besar (megalitikum)
                 Kebudayaan batu besar merupakan kebudayaan yang menghasilkan bangunan- bangunan monumental yang terbuat dari batu- batu besar. Hasil- hasil kebudayaan megalitikum meliputi menhir, punden berundak, dolmen, kubur peti batu, sarkopogus (kerndak jenasah), waruga ( peti jenasah kecil) serta arca- arca megalitik.
2.           Zaman logam
                 Zaman logam yang menggantikan zaman batu yang sebenarnya hanyalah untuk menyatakan bahwa pada saat itu logam mulai dikenal dan dipergunakan orang untuk bahan membuat alat- alat keperluan hidupnya. Zaman logam Indonesia adalah zaman perunggu dan hasil- hasil kebudayaan yang cukup penting dan zaman ini adalah kapak corong, nekara, barang- barang perhiasan, bejana perunggu dan arca- arca perunggu. Adapun tekhnik pengolahan logam yang berkembang pada saat itu yunani teknik bivalve (setangkap) dan teknik a cire perdue (cetakan lilin)

C.            METODE PEMBELAJARAN
·      Ceramah bervariasi
·      Tanya jawab

D.            LANGKAH- LANGKAH PEMBELAJARAN
1.              Kegiatan awal
·           Guru mengabsen siswa yang tidak hadir dan menanyakan alasannya
·           Apresiasi guru mengajukan pertanyaan mengenai mengapa dikatakan zaman batu dan zaman logam?
·           Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.              Kegiatan inti
·           Guru menjelaskan perkembangan kebudayaan zaman batu dan zaman logam
·           Siswa bertanya kepada guru dan sebaliknya terkait dengan materi yang dibahas.
·           Guru memberi tugas siswa secara kelompok atau individu menyusun periodisasi perkembangan budaya batu dan budaya logam pada masyarakat Indonesia dalam bentuk ringkasan dengan redaksi kalimat sendiri.
·           siswa mampu menyusun sistematika perkembangan budaya pada masyarakat awal prasejarah di Indonesia
3.              Kegiatan akhir
·           Siswa mengumpulkan tugas ringkasan  ke ketua kelas untuk di setor ke Guru
·           Bersama- sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas
·           Menarik kesimpulan
·           Guru menyampaikan materi minggu depan yaitu kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat praaksara

E.            SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN
·           Sumber belajar berupa buku SMA
Herimanto. 2009.  Platinum Sejarah I  Pembelajaran            Sejarah Interaktif. Tiga Serangkai
·           Buku- buku penunjang yang relevan
Rahim, Rauf. 2007. Sejarah Indonesia Lama. UNM: FEIS
Read, Robert Dick. 2005. Penjelajah Bahari. Bandung: Mizan Pustaka
·           Internet
·           Papan tulis
·           LCD

F.             PENILAIAN
1.              Coba uraikan teknik a care perdue?
2.              Jelaskan kebudayaan pada zaman batu tua (paleoliti

Makassar,      februari 2011





 Guru Mata Pelajaran

Drs . Irwan A. Parawangsa
Nip. 19620416198803 1 011

0 komentar:

Posting Komentar