Pages

Sabtu, 11 Agustus 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Pertemuan I


(RPP)




                                 Sekolah                     : SMA Negeri I Makassar
                                 Mata pelajaran          : Sejarah
                                 Kelas/semester          : X/2
                                 Pertemuan                : 4 (Empat)
                                 Alokasi waktu          : 2X 45 Menit


                                 Standar kompetensi  : 2. Menganalisis peradaban indonesia dan dunia
                                 Kompetensi dasar     : 2.1 Menganalisa kehidupan awal masyarakat                                                                                  indonesia
                                 Indikator                  : - menjelaskan kehidupan sosial dan ekonomi dari                                                                  masyarakat berburu kemasyarkatpertanian
-    Menjelaskan perkembangan teknologi dan     sistem kepercayaan awal

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didk mampu untuk:
Menjelaskan perkembangan kehidupan sosial dan ekonomi dari masyarakat berburu kemasyarakat pertanian.
B.     MATETI PEMBELAJARAN
Kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat praaksara

1.      Masa berburu dan mengumpulkan makanan
        Kehidupan sosial, budaya dan ekonomi masa berburu dtandai dengan cara kehidupan kelompok masyarakat kecil, mereka hidup berpindah- pindah (namaden) karena kehidupannya masih sangat bergantung pada alam. Sebagian besar aktivitas hidup manusia purba terutama ditujukan pada pemenuhan makanan dengan cara berburu dan mencari umbi- umbian yang menggunakan alat perkakas yang masih sangat sederhana .kehidupan masaberburu dan mengumpulkan makanan berlangsung pada masa zaman batu tua (paleolitikum) pada zaman kala plestosen. Para pendukung kebudayaan zaman batu tua diperkirakan berasal dari makhluk megantropus paleojavanicus,pithecantropus, dan manusia jenis homo.

2.      Masa peralihan
        Masa peralihan ini diperkirakan berlangsung selama zaman batu tengah (mesolitikum) pada zaman holozen. Pendukung kehidupan masa peralihan tersebut adalah jenis manusoia homo sapiens dari jenis papua melonesoid. Meskipun sudah hidup, pada masa peralihan dari kehidupan berburu dan mengumpulkan makanan menuju kehidupan bercocok tanam serta hidup menetap, kehidupan masyarakat purba bergantung pada iklim, kesuburantanah dan persediaan binatang.

3.      Masa bercocok tanam
Munculnya masyarakat pertanian tersebut diperkirakan dimulai pada zaman mesolitikum akhir (zaman batu tengah akhir) pendukung masa bercocok tanam adalah manusia homo sapiens dari kelompok bangsa proto melayu yang datang dari daratan asia menuju indonesia yang melalui jalan barat (kebudayaan kapak persegi) dan jalan timur (kebudayaan kapak lonjong). Peralatan hidup manusia dapat dijumpa saat ini dari kehidupan masa bermukim dan bercocok tanam adalah
a.       Beliung persegi yang berbentuk seperti cangkul dangan ukuran 4- 25 cm
b.      Kapak lonjong yang di buat dari batu kali jenis refsilyang telah di asah lebih harus dari pada kapak persegi
c.       Mata panah, mata panah juga ditemukan pada masa bermukim dan bercocok tanam. Daerah penemuan yang penting ialah pacitan (jawa timur) dan toala (sulawesi selatan)
d.      Gerabah dan perhiasan, dari hasil penelitian bahwa alat gerabah sudah mulai dibuat pada masa bermukim dan bercocok tanam, tetapi pembuatannya sederhana.
  Sistem kepercayaan masyarakat pada masa bermukim dan bercocok tanam dapat dibedakan atas dua hal:
1.      Dinamisme
Adalah kepercayaan adanya kekuatan gaib yang terdapat pada benda- benda tertentu, misalnya pada pohon, batu besar, gunung. Goa, senjata dan jimat. Mereka menaruh hormat dan memuja benda- benda tersebut.
2.      Animisme
Adalah kepercayaan bahwa roh (jiwa) itu tidak hanya berada pada makhluk hidup, tetapi juga pada benda- benda tertentu meeka memuja rog tersebut sambil memberi sesaji.

4.      Masa perumdagian
        Masayarakat pada masa bermukim dan bercocok tanam tlah hidup menetap dan teratur. Masyarakat itu kemudian makin maju setelah mengenal logam dar kemampuan mengerjakan logam menambah kemampuan masyarakat tersebut, banyak peralatan manusia menjadi makin sempurna dan berkembang pada masa perumdagian (pertukangan) berbagai jenis alat di buat dar logam, seperti kapak perunggu, bejana perunggu, arca perunggu, perhiasan dan barang- barang besi.

C.     METODE PEMBELAJARAN
·           Ceramah berpariasi
·           Tanya jawab
·           Pemberian tugas
D.    LANGKAH- LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan awal
-          Apersepsi guru mengajukan pertanyaan mengenal pengertian nomaden dan sedenter
-          Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.      Kegiatan inti
-            Siswa secara individu membuat karangan analisis kehidupan masyarakat indonesia saat ini, apakah teknik ,teknik pola kepemimpinan primus inter pares yang diterapkan pada masyarakat berburu dan mengumpulkan makanan masih juga berlaku di masyarakat modern.
3.      Kegiatan akhir
-            Bersama- sama melakukan refleksi materi yang telah di bahas
-            Menarik kesimpulan materi
E.     SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN
-            |Sumber belajar berupa buku SMA, herimanto, 2009 sejarah pembelajaran sejarah interaktif
-            Buku- buku penumjang yang relevan
-            LCD
-            Internet
-            Papan tulis
F.      PENILAIN
1.      Jelaskan peralatan yang digunakan pada masa bermukim dan bercocok tanam ?
2.      Jelaskan apa yang di maksud dengan perundagian dan undagi?




                                                   Makassar,      Februari 2011





Guru Mata Pelajaran


Drs . Irwan A. Parawansa
Nip. 19620416198803 1 011

0 komentar:

Posting Komentar